Monday 15 June 2015

Cara Cepat Menulis Novel Best Seller

Menulis novel best seller dengan waktu sesingkat mungkin adalah impian para penulis pemula maupun penulis yang telah lama bermimpi menulis novel. Impian tersebut akan terus menjadi angan angan apabila tidak segera dilaksanakan. Dan tidak jarang, tulisan hanya sebatas file ms word saja dan tidak rampung dikerjakan seperti pengalaman penulis sendiri.
Sebenarnya menulis itu gampang-gampang susah. Saat mendapat sebuah ide, rasanya menuliskannya akan lebih mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Namun, saat berhadapan dengan komputer, tiba-tiba saja pikiran terasa tumpul dan ide yang ada buyar sehingga proses penulisan tidak selesai. Adapun cara atau langkah yang dapat ditempuh saat menulis novel best seller adalah:

- sediakan kerangka karangan. Kerangka karangan adalah garis besar cerita yang akan kita tuliskan. Biasanya kerangka karangan lebih dekat denga  sinopsis, namun kerangka lebih dalam pembahasannya dibanding sinopsis. Usahakan dalam kerangka memuat konflik-konflik yang menarik dan segala rencana setting yang menarik pula sehingga ada daya tarik novel kita.

-Mengadakan riset kecil-kecilan. Setelah kerangka telah dibuat, pastikan mengadakan riset agar apa yang ditulis lebih baik. Riset dapat dilakukan dengan observasi atau sebagainya.

-Membuat judul-judul kecil. Setelah kerangka dibuat dan riset telah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah membuat judul-judul kecil yang dapat diambil dari konflik-konflik yang ada. Pastikan konflik dan segala setting menarik sehingga dapat membuat judul yang baik juga.

-Mulailah menulis. Setelah beberapa langkah dilaksanakan, sudah saatnya untuk menulis. Tulislah dengan gaya bahasa yang anda pilih sendiri. Lakukan pembacaan dari novel-novel sebelumnya agar dapat gambaran. Jangan lakukan editing selesaikan dulu sampai habis.

-Setelah selesai ditulis, biarkan pengendapan tulisan. Bisanya selama 2 bulan atau bisa juga dilakukan selama seminggu.

-baca kembali tulisan. Setelah diendapkan, baca kembali tulisan yang ada.

-lakukan edditing sendiri. Sebelum dikirim, lakukan editing terlebih dahulu agar tidak terlalu hancur lebur.

Sebenarnya masih banyak hal yang perlu diperhatikan. Pertama pilihlah judul yang baik, pilihlah karakter atau tokoh yang menarik, pilihlah latar yang menarik, setting menarik, sampai seluruhnya harus menarik dan unik

Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment

 
© 2013 PENERBIT ALOY | Designed by Making Different | Provided by Techvela | Powered by Blogger